Krui, WIB

Kepemimpinan alat kelengkapan DPRD sebagaimana dimaksud bersifat kolektif dan kolegial dan dalam menjalankan tugasnya, alat kelengkapan dibantu oleh Sekretariat. Pimpinan DPRD Kabupaten Pesisir Barat terdiri atas 1 (satu) orang Ketua dan 2 (dua) orang Wakil Ketua. Masa jabatan Pimpinan DPRD terhitung sejak tanggal pengucapan sumpah/janji Pimpinan dan berakhir bersamaan dengan berakhirnya masa jabatan keanggotaan DPRD.

Pimpinan DPRD Mempunyai tugas :

  1. Memimpin sidang DPRD dan menyimpulkan hasil sidang untuk diambil keputusan;
  2. Menyusun rencana kerja pimpinan dan mengadakan pembagian kerja antara Ketua dan Wakil Ketua;
  3. Melakukan koordinasi dalam upaya menyinergikan pelaksanaan agenda dan materi kegiatan dari alat kelengkapan DPRD;
  4. Menjadi juru bicara DPRD;
  5. Melaksanakan dan memasyarakatkan keputusan DPRD;
  6. Mewakili DPRD dalam berhubungan dengan lembaga/instansi lainnya;
  7. Mengadakan konsultasi dengan Bupati dan pimpinan lembaga/instansi lainnya sesuai dengan keputusan DPRD;
  8. Mewakili DPRD dan/atau alat kelengkapan lainnya di pengadilan;
  9. Melaksanakan keputusan DPRD berkenaan dengan penetapan sanksi atau rehabilitasi anggota sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan-undangan;
  10. Menyusun rencana anggaran DPRD bersama sekretariat DPRD yang pengesahannya dilakukan dalam rapat pari purna; dan
  11. Menyampaikan laporan kinerja DPRD dalam rapat paripurna DPRD yang khusus diadakan untuk itu.